Setting Email Korporat Microsoft Exchange di Android

Buat Anda yang punya email korporat (email perusahaan atau email kantor) yang berbasis Microsoft Exchange, kenapa tidak diintegtrasikan saja dengan handset Android yang Anda miliki? Jadi email bisa dibaca kapan saja, tanpa harus menggunakan komputer dan lebih mudah diakses saat sedang mobile. :)

OK, berikut beberapa hal yang harus disiapkan:
1. Alamat atau URL dari Outlook Web Acces (OWA), biasanya alamatnya
https://mail.perusahaan-anda.com
atau
https://email.perusahaan-anda.com
, sesuaikan perusahaan-anda.com dengan domain website korporasi/perusahaan/instansi Anda. Jika Anda ragu, silakan hubungi bagian IT Support di kantor Anda.
2. Username dan password untuk login email, biasanya username menggunakan nomor induk karyawan.
3. Perangkat Android yang sudah terkoneksi ke internet, bisa via Wifi ataupun jaringan internet seluler.

Berikut contoh tampilan dari Outlook Web Access yang biasanya digunakan untuk login via internet:

Dalam contoh panduan ini saya menggunakan perangkat Samsung Galaxy Tab 7″ P1000 dengan OS Android 2.3 (Gingerbread) dan pengaturan bahasa ke English. Jadi dalam penerapannya nanti, akan ada perbedaan dalam penamaan istilah dan konteks menu tergantung type handset, bahasa dan versi Android yang Anda gunakan.

Here we go..

1. Aktifkan handset Android Anda lalu masuk ke menu Aplikasi » Settings » Accounts
2. Pilih Add an account » Microsoft Exchange ActiveSync

3. Akan tampil isian kredensial Microsoft Exchange. Isi dengan informasi berikut:
– Email address: alamat email lengkap (contoh: nama.anda@perusahaan.com)
– Password: password email
– Domain\Username: isikan dengan domain perusahaan diikuti dengan ‘\’ (backslash) dan username Anda.
– Exchange Server: isikan dengan alamat OWA seperti telah disebutkan diatas.
Seluruh informasi yang diisi disini merupakan informasi yang biasa Anda gunakan sehari-hari untuk login mengakses email via web OWA, jadi tinggal disesuaikan saja.

Klik Next jika informasi telah diisi lengkap.

4. Android akan otomatis melakukan validasi kredensial dan meminta setting incoming mail ke server Exchange. Jika gagal, akan kembali ke halaman sebelumnya, Anda diminta memasukkan lagi informasi yang kredensial benar. Jika sukses, akan muncul konfirmasi Remote security administration. Klik OK.

5. Selanjutnya akan tampil Account options. Silahkan atur sesuai kebutuhan dan preferensi Anda.

Klik Next jika informasi telah diisi lengkap.

6. Anda akan diminta memasukkan alias untuk email yang telah Anda daftarkan pada isian Set up Email.

7. Terakhir, Pilih Activate jika muncul konfirmasi Activate device administrator?.

That’s all, akun email yang baru saja didaftarkan bisa diakses melalui menu Aplikasi » Email. Selamat beremail ria, jangan lupa karena ini adalah akun korporat, tetap patuhi corporate policy perusahaan tentang penggunaan email dan gunakan hanya untuk keperluan kantor saja. :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: