Jadwal Pelaksanaan SPMB 2008

Setelah berhasil UN 2008 jika ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri, berikut beberapa hal yang terkait dengan SPMB 2008 dan latihan soal SPMB 2008

SPMB merupakan sistem ujian saringan masuk perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara nasional, oleh sebuah panitia terpusat di Jakarta, berdasarkan mandat yang diberikan oleh Paguyuban Rektor Universitas Negeri Seluruh Indonesia.

SPMB 2008 rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 2-3 Juli 2008.

Pendaftaran (pembelian formulir): 16 – 27 Juni 2008
Ujian Seleksi: 2 – 3 Juli 2008
Pengumuman: 2 Agustus 2008 melalui
Internet via situs resmi SPMB dan media cetak
Daftar ulang (registrasi administrasi): 6-8 Agustus 2008

Tujuan pelaksanaan SPMB adalah untuk memilih calon mahasiswa baru yang mempunyai kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan. SPMB tidak mengurangi wewenang masing-masing perguruan tinggi untuk melaksanakan seleksi sendiri. Seleksi dilakukan dengan pola ujian tertulis.

SPMB dilaksanakan di kota-kota dimana Perguruan Tinggi Negeri berada dan di kota-kota lain yang dianggap strategis oleh Panitia Pelaksana. Seleksi ujian tersebut menggunakan soal yang sama atau setara. Peserta ujian disarankan untuk memilih tempat ujian yang paling dekat dengan tempat tinggalnya.Tempat ujian tidak menjadi bahan pertimbangan dalam proses seleksi calon mahasiswa.

Proses seleksi dilakukan secara terpusat. Semua peserta SPMB akan diurutkan menurut nilai ujiannya, kemudian dialokasikan pada program studi pilihannya, dengan ketentuan bahwa peserta yang lebih baik mendapat prioritas untuk dialokasikan lebih dahulu. Jika masih ada tempat di pilihan pertama, ia akan diterima di program studi pilihan pertama. Jika tempat pada program studi pilihan pertama telah penuh, dan masih ada program studi pilihan kedua, ia akan diterima pada program studi pilihan kedua. Jika tempat pada program studi pilihan pertama dan program studi pilihan kedua telah penuh, maka ia tidak akan diterima walaupun nilainya masih cukup tinggi. Bagi yang memilih kelompok IPC dengan tiga pilihan, maka pilihan ketiga akan diproses dengan cara yang sama.

Materi ujian SPMB pada umumnya ditujukan untuk menguji kemampuan kognitif dan kemampuan akademik calon mahasiswa.

Perguruan Tinggi melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru tidak hanya melalui jalur SPMB tetapi ada juga yang melakukan seleksi secara mandiri (UM/USM/SMUP dll.) kemudian melaksanakan pula seleksi secara terpusat melalui SPMB. Adapun kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SPMB untuk setiap PTN berbeda2 seperti halnya ITB. Pada tahun ini, ITB akan menerima sekitar 55% dari total seluruh mahasiswa baru ITB 2008, melalui SPMB 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: